Widget HTML #1

Cara Ekstrak File Berformat RAR, Zip, 7z di Android

Cara Ekstrak File Berformat RAR, Zip, 7z di Android

Setelah berhasil men-download file di internet, seringkali didapati file tersebut masih dikemas di dalam format zip, rar, atau 7z. Singkatnya, ada sebuah atau beberapa file yang tersimpan di dalam sebuah folder yang berformat zip, rar, atau 7z.

Kenapa dikemas di dalam format Zip, RAR atau 7z?
Ada banyak alasan kenapa para penyedia file tersebut mengkompres file ke dalam format zip, rar, atau 7z. Diantaranya, untuk menghindari file rusak ketika diupload ke internet, mempercepat proses upload, mengumpulkan beberapa file jadi satu, dan bisa juga memperkecil ukuran file.

Secara fungsi, format zip, rar, atau 7z itu hampir sama. Cara mengeluarkan (ekstrak) pun sama.

Beberapa file zip, rar, dan 7z bisa saja dirahasiakan oleh pemilik file tersebut dengan cara memberi perlindungan berupa sandi atau password pada file tersebut, sehingga tidak sembarangan orang dapat mengekstrak atau mengeluarkan file dari kompresi kecuali mengetahui passwordnya.

Untuk cara mengeluarkan (ekstrak) file yang ada dalam rar, zip atau 7z sangat mudah. Ada banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan. Salah satunya adalah aplikasi RAR dari Rarlab untuk Android.

Aplikasi RAR berikut dapat digunakan secara gratis dengan fitur premium terbuka (unlock). Versi asli dari aplikasi RAR bisa kalian dapatkan di Playstore.

Nama RAR
Versi v6.21 Mod Premium
Pembaruan Terakhir 26 Februari 2023
Ukuran File 6 MB
Link Download


Cara ekstrak file zip, rar, 7z di Android dengan aplikasi RAR


  1. Buka aplikasi RAR, cari dan pilih file yang masih berformat zip, rar, atau 7z yang ingin diekstrak.
  2. Pilih ikon ektrak (lihat gambar).
    Ekstrak
  3. Kemudian bisa langsung pilih OK.
    Tekan Ok
  4. Selesai.
Cukup mudah, kan? Sekarang file yang tadinya masih ada dalam format rar, zip, 7z sudah berhasil dikeluarkan dan siap digunakan.

1 komentar untuk "Cara Ekstrak File Berformat RAR, Zip, 7z di Android"