Widget HTML #1

Cara Main PS2 di Android, Bisa Lancar?

Playstation 2

Bagi kalian yang lahir di tahun 80'an atau 90'an, pastinya sangat familiar dengan konsol PlayStation 2 atau disingkat PS2. Konsol PS2 menjadi penerus kesuksesan konsol PS1 yang juga dirilis oleh SONY 5 tahun sebelumnya.

Walau PS2 sudah ada sejak tahun 2000, game-game PS2 masih dikenang dan masih dimainkan hingga saat ini. Konsol PS2 pun masih banyak yang jual dalam keadaan bekas. Dengan budget di bawah 1 juta kalian sudah bisa memiliki konsol PS2 yang legendaris ini.

Dari segi grafik tentu PS2 kalah jauh dibandingkan dengan game konsol terbaru hingga game mobile yang ada saat ini. Namun dari segi gameplay pastinya tidak kalah seru.

Nah, seiring berkembangnya teknologi yang sangat cepat, kini PS2 sudah bisa dimainkan di PC maupun perangkat Android dengan emulator PS2. Namun perlu diperhatikan juga bahwa hanya perangkat yang memiliki spesifikasi cukup baik yang dapat memainkan game PS2 dengan lancar.

Untuk Android, kalian bisa menggunakan emulator PS2 terbaik saat ini yaitu AetherSX2 yang bisa kalian dapatkan di Playstore secara gratis.

Tidak cukup hanya pasang aplikasi, kalian juga harus memiliki BIOS PS2. Berikut selengkapnya.

Cara Install AetherSX2 di Android

  1. Pasang aplikasi AetherSX2 dari Playstore.
  2. Unduh juga file BIOS PS2-nya di sini. Jangan lupa untuk ekstrak terlebih dahulu. [Baca: Cara Ekstrak File Zip di Android]
  3. Buka aplikasi AetherSX2. Saat baru pertama kali membuka aplikasi, pilih saja Selanjutnya hingga Selesai.
  4. Di menu awal aplikasi, tap ikon pilihan pada pojok kiri atas, kemudian pilih Mulai BIOS.
  5. Jika muncul notifikasi BIOS Tidak Ditemukan, pilih opsi YA. Kemudian cari dan pilih file BIOS scph10000.bin hasil ekstrak tadi. Selanjutnya kalian tidak perlu lagi memilih BIOS tiap membuka AetherSX2.
    BIOS
  6. Siapkan game PS2 berformat iso. Jika kalian mendownload game PS2 yang masih berformat zip atau 7z, silakan ekstrak terlebih dahulu. Taruh di folder yang mudah dicari.
  7. Untuk menjalankan game-nya, buka aplikasi AetherSX2, tap ikon pilihan pojok kiri atas, pilih Mulai File.
  8. Pilih game PS2 iso yang sudah kalian siapkan tadi, dan selamat menikmati game PS2 di Android.
    PS2 Android
Untuk pengaturan lanjutan, kalian bisa coba sesuaikan sendiri untuk mendapatkan performa terbaik di hp kalian masing-masing.

Untuk kalian yang memiliki hp dengan spesifikasi menengah ke bawah, jangan harap akan sangat lancar dalam menjalankan game PS2 di AetherSX2 walau dengan pengaturan apapun. Patah-patah, lag, atau yang lainnya adalah hal yang wajar.

Solusi paling tepat agar 100% lancar bermain PS2 adalah membeli konsol PS2 yang saat ini harganya sudah sangat terjangkau.

Posting Komentar untuk "Cara Main PS2 di Android, Bisa Lancar?"