Widget HTML #1

Cara Mengatasi Game ePSXe Macet di Android

Cara Mengatasi Game ePSXe Macet di Android

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ePSXe adalah sebuah aplikasi untuk menjalankan game PS1 di Android atau bisa juga disebut Emulator PS1 di Android. Semua game PS1 bisa dimainkan di Android dengan emulator ini.

Akan tetapi, banyak yang mengeluhkan aplikasi ePSXe macet, tiba-tiba tidak respon saat hendak memainkan sebuah game atau macet saat game sedang berlangsung. Seperti yang pernah saya alami, saat mau keluar dari aplikasi (quit) tiba-tiba macet.

Nah, ada 2 hal yang bisa menyebabkan terjadinya masalah di emulator ini. Yang pertama karena game yang kita download rusak hingga terjadi macet saat bermain, dan yang kedua karena masalah di aplikasinya. 2 hal yang pernah saya alami juga.

1. File Game Rusak


Saat bermain sebuah game PS1 yang baru saja saya download, tepatnya game Super Shot Soccer. Saat dalam sebuah pertandingan dan mencetak lebih dari dua gol, tiba-tiba pemain berlarian dan mondar-mandir tidak bisa digerakkan lagi. Masalah ini karena game yang saya dapat ternyata rusak dan harus download ulang di tempat lain dan hasilnya tidak macet lagi.

Jika kalian juga mengalami pada game lain, cobalah untuk mengunduh ulang file game yang lebih baik.

2. ePSXe Tidak Cocok


Masalah lain yang pernah saya alami adalah ePSXe macet saat kembali dari game dan ingin keluar dari aplikasi. Tiba-tiba saja macet dan tidak bisa menekan tombol apa pun. Mungkin karena saya menggunakan versi ePSXe terbaru yang tidak cocok di perangkat Android saya. Dan, setelah saya kembali menggunakan ePSXe versi 2.0.0 ternyata jadi lancar lagi.

Jika kalian mengalami masalah yang sama, bisa coba 2 trik di atas untuk mengatasinya. Jika masalah yang kalian alami adalah tidak bisa menjalankan game, kemungkinan besar kalian salah dalam memasang ePSXe. Untuk cara pasang ePSXe yang benar silakan baca: ePSXe, Emulator PS1 di Android.

Selain itu, kalian bisa coba menggunakan aplikasi emulator PS1 lainnya seperti DuckStation.

12 komentar untuk "Cara Mengatasi Game ePSXe Macet di Android"

Comment Author Avatar
Gan Klo suaranya kgk muncul gimanana ya solusinya
Comment Author Avatar
Klo paa maem game rpg pas pindah lokasi layar item gk nongolx gambarnya gmna ya
Comment Author Avatar
Saya juga kek gtu gan, saya lagi main suikoden 2 trus pas siap rekrut amada dan mau kembali ke kastil tiba tiba error, gmana ya sulusinya? Soalnya agan nanya april lalu siapa tau udah dapat solusinya
Comment Author Avatar
Udaj bisa blm bang suikodenya
Comment Author Avatar
Pernah main game suikoden 2, pas pengen ngerekrut amada tiba² ngefreeze dan crash. Udh dicoba berulang² tetep aja, ini gimana ya ngatasinnya. Apakah emulatornya atau file gamenya yg error? Soalnya udh berkali kali coba tetep aja ngecrash pas bagian situnya
Comment Author Avatar
Gua kira cuma gua doang kek gitu
Comment Author Avatar
Yang main suikoden 2 trs force close saat merekrut Amada. Aplikasi epsx ny dihapus terus install epsx yang versi 20.0.14. gw nyoba dan works kok.
Comment Author Avatar
Gara gara amada nih. Langsung error hahaha...
Comment Author Avatar
ane punya udah versi yg itu tapi force close
Comment Author Avatar
Tiba tiba suka ngecrash sendiri dengan tulisan Epsxe Section stopped error pokonya gtu dah, tolong sarannya gan biar main nya lancar kembali.
Comment Author Avatar
Saya juga gitu pas mau rekrut si AMADA, sdah saya download berbagai versi game nya,, tetep sama ..
Comment Author Avatar
Gw main RE 3 tau di tengah2 lgsng crash males main gw jdinya pler