Widget HTML #1

Nostalgia! Cara Main PS1 di Android dengan ePSXe 2.0.15

Cara Main PS1 di Android dengan ePSXe

Sebagian besar dari kita yang lahir tahun 90-an pasti sempat mengenal sebuah konsol yang sempat jadi trending oleh anak-anak hingga orang dewasa pada jamannya, yaitu konsol Playstation keluaran pertama atau lebih dikenal dengan Playstation 1 atau PS1. Tidak hanya mengenal saja, kita yang pernah menjajal game PS1 pasti pernah dibuat kecanduan.

PS1 datang ke Indonesia sekitar tahun 1995 dan langsung menjadi pusat kesenangan oleh banyak orang di Indonesia. Kehadiran PS1 sampai masuk ke pelosok-pelosok desa. Meski selalu ada kompetitor, tapi konsol kompetitornya seolah-olah tidak bisa menandingi PS1 pada masa itu. Hampir semua orang malah lebih memilih bermain game PS1. Pastinya kita tahu kalau game PS1 tersimpan dalam bentuk CD, ketika mau bermain game lain kita harus mengeluarkan dan memasukkan kembali CD game lain yang ingin kita mainkan. Nasib buruknya adalah ketika CD rusak atau macet, padahal sangat ingin memainkan game tersebut.

Kejayaan PS1 membuat rental PS bermunculan dimana-mana dan selalu ramai oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk bermain game. Kerennya, PS1 hadir dengan 2 buah kontrol untuk dapat dimainkan oleh 2 orang. Tentu, banyak game yang dapat dimainkan oleh 2 orang di PS1, salah satunya adalah game sepak bola. Kalian pasti ingat game Winning Eleven atau Super Shot Soccer? Ya, 2 game sepak bola tersebut pasti akan selalu diingat bagi para penikmatnya dulu. Untuk menarik minat orang lain untuk bermain, biasanya rental PS memajang cover-cover game lengkap dengan CD-nya di sebuah rak yang mudah dilihat. Dan yang menjadi salah satu masalah saat itu adalah rental penuh dan harus mengantre untuk dapat giliran.

Tapi, tidak ada kejayaan yang abadi. Seiring perkembangan jaman, game selalu mengalami peningkatan. Begitu juga konsol game seperti PS1. Demi memenuhi kebutuhan game yang semakin berkembang, Sony akhirnya merilis sebuah konsol baru yang merupakan peningkatan dari konsol pertamanya, dari PS1 menjadi PS2. Sejak kemunculan PS2, banyak yang akhirnya juga beralih menggunakan PS2 karena menyediakan game-game baru dan grafis yang lebih baik. Sejak saat itu PS1 mulai ditinggalkan.

Saat ini, dunia game sudah sangat berkembang pesat. Dulu, dengan sebuah konsol PS1 kita hanya bisa bermain dengan seorang teman lagi dan harus pergi ke rental untuk dapat bermain, atau, membeli sebuah konsol PS1 agar dapat bermain seharian di rumah. Tapi, di tempat saya sangat sedikit yang memiliki PS1 karena juga harus membeli sebuah TV yang kompatibel juga.

Sekarang, hampir setiap anak memiliki Android dan disuguhi banyak game untuk dimainkan. Untuk bermain game bersama teman tidak usah repot-repot keluar rumah mencari rental dan mengantre. Hanya dengan sebuah hp Android dan kuota internet yang cukup kita sudah dapat bermain game bersama teman dimanapun teman kita berada dengan grafik game yang mantap. Kerennya, kita juga dapat bermain game-game PS1 di Android, lho!

Dengan sebuah aplikasi emulator PS1 bernama ePSXe kita dapat bermain PS1 di Android. Tapi tidak semudah memasang game Android, ePSXe adalah sebuah emulator yang artinya hanya menjadi alat untuk dapat memainkan game yang tidak ada di Android, misalnya seperti game PS1. Kita harus memiliki file game PS1 yang ingin kita mainkan terlebih dahulu yang nantinya akan kita jalankan melalui aplikasi emulator ePSXe untuk Android. Untuk mendapatkan file game PS1 kita tidak perlu membeli CD PS1, kita bisa mendapatkannya secara mudah dan gratis di internet. Lebih lengkapnya, simak tutorial di bawah ini.

Download File Game PS1

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload file game PS1. Contohnya game Harvest Moon Back to Nature Bahasa Indonesia. Klik untuk mendownloadnya. Namun hampir semua file game PS1 yang tersedia di internet dikemas dalam format zip, rar, atau 7z. Jika kalian mendapatkan file game yang masih dikemas dalam format tersebut, silakan ekstrak terlebih dahulu. Cara ekstrak file zip, 7z atau rar saya yakin pasti semua sudah mengerti caranya. Baca: Cara Ekstrak File Zip, RAR, 7z di Android.

Pasang Aplikasi ePSXe

Kalian bisa memasang aplikasi ePSXe dari Playstore. Tapi itu tidak gratis. Kalian harus membayar sekitar 49.000 rupiah. Tapi kalian akan mendapatkan update yang rutin ketika ada bug, masalah, atau ada versi terbaru dari ePSXe. Jika kalian memasang yang gratisan, kalian harus update secara manual dengan mencari ePSXe apk terbaru untuk Android di internet. Di sini saya akan memberi [ePSXe versi 2.0.15 apk]. Jika versi ini tidak kompatibel di hp kalian, coba gunakan versi yang lebih rendah.

Jalankan BIOS di ePSXe

Untuk membuat ePSXe dapat menjalankan game PS1, kita harus memasang BIOS PS1 di ePSXe. Caranya, download [BIOS BIOSSCPH1001.bin] terlebih dahulu. Kemudan buka aplikasi ePSXe yang sudah terpasang. Pilih JALANKAN BIOS (RUN BIOS), tunggu sampai muncul tulisan "Bios telah dikonfigurasi" atau "Bios Configured". Coba pilih menu JALANKAN BIOS sekali lagi, jika muncul logo Playstation artinya kita sudah berhasil memasang bios di ePSXe.

Jalankan Permainan

Jika file game PS1 sudah didapatkan dan sudah diekstrak, juga bios sudah dipasang, kita tinggal buka ePSXe kemudian pilih menu Jalankan Permainan. Di menu tersebut kita akan menemukan daftar game PS1 yang sudah kita dapatkan dari internet dan pastinya sudah diekstrak dari file zip atau 7z. Jika daftar game belum muncul, lakukan pemindaian dengan cara pilih ikon pindai di sebelah ikon titik tiga di sebelah kanan atas di menu Jalankan Permainan, kemudian akan muncul sebuah pop up bertuliskan "Folder permaian apa yang ingin kamu pindai?" pilih saja opsi SEMUA. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Game akan muncul dan tap untuk memainkannya.

Cara Jalankan Game PS1 di ePSXe Android

Pengaturan ePSXe

Jika kalian ingin bermain dengan grafik yang lebih bagus, kalian harus memasang OpenGL di ePSXe. Untuk pengaturan tombol bisa disesuaikan sendiri. Agar bermain lebih memuaskan, kalian bisa menyambungkan sebuah gamepad atau stick bluetooth agar bermain layaknya bermain PS dengan stick. Tapi, harga sebuah stick bluetooth lumayan mahal, mulai dari 100 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Kalian juga bisa membuat game PS1 yang dimainkan di ePSXe jadi fullscreen atau menyesuaikan dengan layar hp yang kalian gunakan.

ePSXe Macet?

Hal yang sering terjadi adalah ePSXe macet atau error atau bahasa lainnya ngelag. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, menggunakan aplikasi yang gratisan pasti ada saja masalah. Dari pengalaman saya sendiri, mungkin dikarenakan memasang aplikasi ePSXe versi yang tidak kompatibel dengan Android yang kalian gunakan. Jika ePSXe 2.0.14 macet di hp Android kalian, kalian bisa coba menggunakan versi yang lebih rendah seperti ePSXe versi 2.0.0. Atau, pasang saja yang berbayar dari Playstore. Tidak hanya pada versi ePSXe, ngelag atau macet juga bisa diakibatkan file game yang rusak. Jadi, pastikan juga kalian sudah mendownload file game PS1 yang tidak rusak. Nah, cukup sekian. Selamat bermain PS1 di Android. Selamat bernostalgia.

3 komentar untuk "Nostalgia! Cara Main PS1 di Android dengan ePSXe 2.0.15"

Comment Author Avatar
Mohon bantuan min... saya bermain SUIKODEN 2 slalu macet setelah merekrut AMADA, saya sdah download bermacam versi game suikoden nya, tapi tetap sama..
Kalau menurut saya Pak EPSXE nya aman..