Widget HTML #1

Cara Setting OpenGL ePSXe 2.0.0 Android, Grafik Game jadi Lebih Tinggi

Sejak hadirnya emulator ePSXe di hp Android, pecinta game PS1 bisa langsung bernostalgia dengan semua game PS1 hanya di hp Android. Seperti yang kita ketahui, Playstation (PS1) atau bisa disebut PSX ini menjadi awal kecintaan banyak orang terhadap game. Pasalnya, bersama konsol PS1 banyak muncul game-game seru yang sampai sekarang masih dikenang dan melegenda di kalangan anak 90'an. Banyak diantaranya memasang emulator PS1 untuk kembali menikmati game-gamenya. Baca: Cara Memasang Emulator ePSXe di Android dengan Benar.

Tentu kita pasti ingat, seorang anak remaja yang kembali mengurus kebun kakeknya yang terbengkala dalam game Harvest Moon Back to Nature. Atau seorang pria berkostum PEPSI yang berlarian di tengah kota melewati rintangan-rintangan yang gokil dalam game PEPSI MAN. Bahkan banyak game Android yang ada sekarang terinspirasi dari game-game PS1 seperti game Subway Surver, Danger Dash, Temple Run yang secara gameplay mirip dengan game PEPSI MAN.

Bahkan, salah satu kreator Instagram dengan akun Instagramnya 'farisaprilio' membuat sebuah efek instastory yang ia namai PEPSI MAN karena kecintaannya terhadap game itu. Baca: Cara Memakai Efek PEPSI MAN di Instastory Instagram. Selain itu, backsound atau musik-musik yang mengiringi di game Harvest Moon Back to Nature sekarang banyak dipakai sebagai backsound di video-video YouTuber di YouTube.

Nah, walaupun bermain PS1 sangat mengasikkan, apalagi jika bermain dengan sebuah stick bluetooth, tapi banyak yang mengeluhkan grafis game PS1 di ePSXe buruk, kurang mulus, dan terlalu kotak-kotak. Bagi yang sudah biasa main game dengan grafik HD di Android pasti merasa kurang nyaman dengan grafik yang lebih buruk. Untuk mengatasi masalah itu, kita hanya perlu men-setting sedikit pengaturan di aplikasi ePSXe untuk mendownload memasang sebuah plugin OpenGL. Sebelum mulai ke tutorialnya, mari lihat perbedaannya terlebih dahulu. Sebelum dan sesudah menggunakan OpenGL Plugin di ePSXe pada gambar di bawah ini.

Cara Setting OpenGL ePSXe 2.0.0 Android, Grafik Game jadi Lebih Tinggi

Gimana? Grafik di ePSXe jadi jauh lebih bagus bukan? Oke, kita lanjut ke tutorialnya. Siapkan sedikit kuota atau WiFi untuk mendownload OpenGL Plugin langsung dari aplikasi ePSXe-nya.

Cara Setting OpenGL ePSXe 2.0.0 Android, Grafik Game jadi Lebih Tinggi


Penting! Cara ini hanya berlaku untuk pengguna ePSXe versi 2.0.0, dan tidak akan work di ePSXe terbaru seperti ePSXe versi 2.0.14. Jadi, jika kalian pengguna ePSXe 2.0.0, silakan ikuti tutorial di bawah ini.

1. Buka aplikasi ePSXe, masuk ke menu Preferences.
2. Pilih menu Video Renderer, pilih OpenGL Plugin (smoother).

3. Kembali ke menu Preferences, kemudian pilih menu GPU Plugin.
4. Tap ikon download yang ada di pojok kanan atas, kemudian akan muncul pemberitahuan Download OpenGL Plugin, pilih Agree.
5. Tunggu hingga proses download selesai. Kemudian jalankan game seperti biasa dan lihat hasilnya.


Selanjutnya kalian tidak perlu lagi mendownload OpenGL secara berulang-ulang, cukup sekali saja dan semua game yang kalian mainkan di ePSXe akan menampilkan grafik atau kualitas gambar yang lebih bagus. Ada pun beberapa masalah yang sering ditemukan kala menggunakan emulator ePSXe, salah satunya adalah game macet. Sebelumnya, saya sudah pernah bahas tentang game atau ePSXe yang macet di Android. Baca: Cara Mengatasi Game PS1 Macet di ePSXe Android. Untuk memastikan ePSXe berjalan dengan lancar, ada baiknya melihat artikel saya lainnya tentang cara memasang ePSXe dengan baik dan benar. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Setting OpenGL ePSXe 2.0.0 Android, Grafik Game jadi Lebih Tinggi"