Widget HTML #1

ePSXe, Emulator PS1 untuk Android tanpa Root

ePSXe, Emulator PS1 untuk Android Tanpa Root

Siapa yang tak kenal dengan konsol legendaris Playstation 1 atau lebih dikenal dengan PS1 / PSX?

PS1 sempat benar-benar booming di Indonesia di tahun 90'an. Saat itu ada banyak rental PS1 yang tersebar di berbagai daerah dan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa saat itu.

Game-game PS1 saat itu masih tersimpan dalam bentuk CD dan pemilik rental biasanya menyusun koleksi CD-nya di rak khusus agar mudah dilihat oleh anak-anak yang berkunjung dan tertarik untuk bermain.

Beberapa game yang sempat jadi pilihan terbaik di PS1 adalah Harvest Moon Back to Nature, Super Shot Soccer, Crash Team Racing, dan masih banyak lagi.

Generasi pertama Playstation rilis pada tahun 1990. Kemudian, di awal tahun 2000'an hadir generasi Playstation selanjutnya yaitu PS2. Sejak saat itu PS1 mulai ditinggalkan. Namun masih ada yang setia bermain PS1 hingga sekarang. Pasalnya, game PS1 sudah bisa dimainkan di PC dan hp Android tanpa konsol dan tanpa CD, cukup dengan aplikasi emulator PS1 dan game yang bisa disimpan di memori hp.

Dengan hp Android dan sebuah aplikasi emulator PS1 bernama ePSXe, kalian dapat bernostalgia kembali. Untuk dapat memasang emulator PS1 ePSXe di hp Android, kalian tidak perlu repot-repot melakukan Root pada hp Android. Cukup beberapa langkah saja kalian sudah dapat langsung menjalankan game-game PS1 di Android.

1. Pasang ePSXe di Android

Install: [ePSXe apk]. Untuk mendapatkan ePSXe versi terbaru dan paling kompatibel di hp kalian, pasang dari Playstore sangat direkomendasikan. Tapi, kalau mau yang gratisan kalian bisa coba ePSXe versi 2.0.0. atau versi terbaru saat ini ePSXe 2.0.15.

2. Pasang BIOS di ePSXe

Langkah kedua, kalian harus memasang BIOS PS1 pada emulator. Caranya, unduh terlebih dahulu BIOSnya: [BIOS SCPH1001 bin]. Kemudian buka aplikasi ePSXe, pilih menu "RUN BIOS" atau jika kalian menggunakan versi terbaru dari ePSXe pilih "JALANKAN BIOS". Tunggu sesaat hingga muncul tulisan BIOS CONFIGURED atau BIOS TELAH DIKONFIGURASI. Selanjutnya coba jalankan BIOS lagi, jika muncul logo PlayStation artinya BIOS berhasil terpasang di ePSXe.

RUN BIOS

3. Siapkan Game PS1

Selanjutnya, siapkan game PS1-nya. [Koleksi ROM Game PS1]. Biasanya kalian akan mendapatkan ROM Game yang masih dikompres atau dikemas dalam format zip, 7z, atau rar. Jika kalian mendapatkan yang demikian, silakan ekstrak terlebih dahulu. Cara ekstrak silakan baca: Cara Ekstrak File Zip, 7z, RAR di Android.

4. Jalankan Game di ePSXe

Terakhir, jalankan game yang sudah kalian dapatkan dan sudah diekstrak tadi. Buka aplikasi ePSXe, pilih RUN GAME atau JALANKAN PERMAINAN jika kalian menggunakan versi terbarunya. Jika game belum muncul, lakukan pindai ulang. Caranya, pilih ikon pindai ulang yang ada di pojok kanan atas tepatnya di sebelah ikon titik tiga, kemudian pilih pindai SEMUA atau ALL. Tunggu sebentar hingga proses pemindaian selesai. Daaaaaaan... Game PS1 siap dimainkan. Selamat menikmati.

Pindai Ulang

Tambahan

Untuk menaikkan grafik di ePSXe agar tampil lebih baik dan enak dilihat, silakan baca: Cara Menaikkan Grafik ePSXe Android. Kemudian, jika ePSXe yang kalian gunakan tiba-tiba macet atau ngelag, kalian bisa dengan mudah mengatasinya, silakan baca: Cara Mengatasi ePSXe Ngelag di Android.

Untuk kontrol, akan muncul pada layar hp kalian. Kalau kalian punya stik bluetooth kalian dapat bermain menggunakan stik tersebut hanya dengan menghubungkannya ke hp Android yang kalian gunakan. Secara otomatis stik bluetooth yang kalian hubungkan akan langsung dapat digunakan di ePSXe. Untuk mengatur rasio layar agar jadi fullscreen (layar penuh) dapat kalian atur pada pengaturan.

3 komentar untuk "ePSXe, Emulator PS1 untuk Android tanpa Root"

Comment Author Avatar
terimakasih, sangat membantu sekali^^
Comment Author Avatar
ada link buat iso HBTN yang resolusinya lebih bagus lagi nggak gan , solnya ini terlalu parah(di compres mati-matian :D)
Comment Author Avatar
Untuk cara ningkatin resolusi, silakan lihat artikel tentang "cara pasang opengl di epsxe" yang sudah saya post.